JellyPages.com

Minggu, 25 Maret 2012

Tugas Komunikasi Sosial dan Pembangunan

  • Teori ABX (Newcomb)
 Theodore Newcomb (1953) pendekatan Newcomb terhadap komunikasi bersifat psikologis. Modelnya mengingatkan kita akan diagram jaringan kelompok yang dibuat oleh para psikologi sosial dan merupakan formulasi awal mengenai konsistensi kognitif. dalam model komunikasi tersebut (biasa disebut ABX atau model simetri) Newcomb menggambarkan bahwa seseorang, A, menyampaikan informasi kepada seorang lainnya, B, mengenai sesuatu, X. Model tersebut mengasumsikan bahwa orientasi A (sikap) terhadap B dan terhadap X saling bergantung, dan ketiganya merupakan suatu sistem yang terdiri dari empat orientasi.
  1. Orientasi A terhadap X, yang meliputi sikap terhadap X sebagai objek yang harus didekati atau dihindari dan atribut kognitif (kepercayaan dan tatanan kognitif)
  2. Orientasi A terhadap B, dalam pengertian yang sama
  3. Orientasi B terhadap X
  4. Orientasi B terhadap A
Model ABX Newcomb
  Model Newcomb melibatkan tiga unsur, yaitu A dan B yang mewakili dua orang individu yang berinteraksi, dan X sebagai hal yang dibicarakan

Contoh kasus :
Konser Lady Gaga yang akan digelar pada bulan Juni mendatang banyak masyarakat yang setuju dan tidak (mengharamkan), pada kasus ini kita bisa menggunakan teori ABX Newcomb. Dimana X adalah konser Lady Gaga , A adalah masyarakat yang setuju dengan adanya konser tersebut dan B adalah masyarakat yang tidak setuju (mengharamkan).Disini timbul sedikit konflik yang terjadi antara masyarakat yang memiliki perbedaan pendapat. Ini mengharuskan pihak-pihak tersebut mencari kesepakatan, maka salah satu pihak akan berkomunikasi dengan pihak lain mengenai hal positif dari konser tersebut sehingga  dapat mengubah pendapat pihak lain untuk mencapai kesepakatan atau koorientasi, atau menggunakan istilah newcomb simetri.









  • Perbandingan Sosial(Festinger)
Teori ini mengemukakan bahwa komunikasi terjadi karena adanya kepentingan individu untuk membandingkan sikap, pendapat, dan kemampuan dengan individu lainnya. Dalam sebuah kelompok tekanan untuk berkomunikasi lebih tinggi karena, terkadang timbul perbedaan pendapat terhadap suatu hal. Individu akan memaparkan fakta-fakta yang ada yang dapat dijadikan perbandingan antara individu satu dengan individu lainnya. Setelah suatu keputusan kelompok dibuat, para anggota kelompok akan saling berkomunikasi untuk mendapatkan informasi yang mendukung atau membuat individu-individu dalam kelompok lebih merasa senang dengan keputusan yang dibuat tersebut.

Ada dua hal yang diperbandingkan dalam hubungan ini, yaitu:
a. Pendapat (opinion)
b. Kemampuan (ability)

Contoh kasus :
(pendapat)
Alief percaya dengan ramalan bintang sedangkan Fajar tidak percaya,lalu Fajar mengemukakan fakta-fakta bahwa ramalan bintang yang terjadi hanyalah kebetulan saja,maka fakta-fakta yang dikemukakan fajar akan merubah pendapat Alief bahwa ramalan bintang hanyalah fiksi belaka.


NINDY YULISTIARA
2010-41-087

Sumber : Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar - Prof.Deddy Mulyana,M.A.,Ph.D.
              Ilmu,Teori,& Filsafat Komunikasi - Prof Onong Uchjana Effendy. M.A.
              wikipedia
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar